PRAKTIKUM TPB CERIA

HAlOwwwww…

Di TPB (Tahap Persiapan Bersama) ITB, terutama di STEI aja nih ya, kita diberi beban kuliah berupa praktikum.. Ada 2 jenis praktikum, yaitu praktikum Fisika dan praktikum Kimia…

Sekarang saya mau cerita- cerita tentang pengalaman praktikum. Tapi yang mau saya certain bukan materinya (^%%$#%$), tapi gegeloannya.. wakakakakak..

Waktu praktikum, kita dibagi kelompok berdasarkan urutan NIM.

Kalau di PRAKTIKUM KIMIA, saya pernah sekelompok sama Triana (Ayam), Hardy, Yohanes, Galih, Edwin, Gilang, Zaky, Puger, Wafdan, dan Ashari. Awalnya, waktu praktikum pertama, belum kenalan satu sama lain. Yahh, singkat cerita, kami semua akhirnya saling kenal. Waktu itu juga saya masih manggil Ayam dengan Triana, walaupun sampai sekarang pun temen sekelompok saya masih manggil Ayam dengan Triana ato Tri. Hihihihi…

Awalnya sih masih wajar- wajar aja.. Lama- lama mulai terlihat gilanya, terutama Yohanes, Galih, dan Hardy (cepat- cepatlah minta maaf pada saya karena kalian sering ngerecokin saya). Waktu praktikum kebanyakan jadi ajang ketawa- ketiwi, tapi ngga terlalu banyak juga. Soalnya kalo praktikum kimia butuh perhatian lebih sih.. Apalagi waktu bikin laporan..

Kalo udah mendekati hari ngumpulin laporan, hampir tiap hari tuh ngumpul terus di CC. Awalnya bikin laporan, karena baru kenal, kita kebanyakan diem2an, eh kesana- kesananya malah jadi keketawaan dan bercanda.. Bener- bener deh.. Apalagi waktu itu booming2nya lagu T2 yang OK… Hahahahaha.. waktu ngerjain laporan malah nyanyi2 lagu T2. Waktu semester 1 ngga terlalu kerasa beban bikin laporan karena kebanyakan aspraknya minta laporan sekelompok satu laporan.

Tapi ada 1 asprak yang ga perlu disebut namanya, minta cover depannya foto- foto kita semua ama Gajah Ganesha.. Jahhh… hahahaha… Langsung deh habis praktikum foto- foto di depan sambil meluk- meluk patung gajah.. Huhuhu.. diliatin orang2 dengan konyolnya.. Waktu itu rambutnya Yohanes masih pendek dan rambut Hardy belum disuruh diiket.

Waktu semester 2, asprak berganti.. Tugas laporan pun makin menggila.. Kenapa? Soalnya kebanyakan jadi bikin sendiri- sendiri dengan format yang sama.. Beuh.. kalo besok hari praktikum, sms dan telepon rame deh pokoknya, bahkan waktu itu sampe MIG (aplikasi chatting) juga dibawa- bawa.. Hihihi, waktu itu emang lagi tuker2an data, dan Galih payah ni, DC (disconnect) melulu. Kadang tuker2an data sama Ayam lewat YM. Segala jenis komunikasi pun dipakai. Kalo pager (pejer) masih jaman, mungkin pager ga mau kalah juga, ikut dipake! Kita juga suka makan2 bareng. Kalo udah kelaperan dan ga kuat, saya, Ayam. Yohanes, dan Hardy suka makan di sunroof deket SBM.

Semester 2, makin kendor aja,hahahah… Penampilan pun berubah.. Hardy dan Yohanes jadi sering make asesoris cewe, kaya bando dan ikat rambut, hahahaha… Di semester 2, ada beberapa asprak yang legendaris. Salah satunya yang pernah memegang kelompok kami adalah Kak Syaiful. Kami dapet dia waktu praktikum pertama titrasi. Duh, saya tegang banget, takut, saya salah dikit langsung disosor teguran.. ampe malu diliatin yang lain :”>.. Trus format laporannya itu lho, waw detil banget,, tapi itu membantu kami banget sebenarnya.. hehehehe..

Di format laporan Kak Syaiful, ada perhitungan galat (persentase kesalahan) .. Waktu saya ngitung galat buat laporan, ya ampun berapa coba galat saya?

82%

Hix2.. banyak banget… ya ampun.. mendekati salah total gitu lho..

Pada saya ditelepon Devy, temen saya.. Dia cerita tentang galatnya dia dan teman- temannya.. Ya ampun lagi.. dia lebih parah dari saya…

700%

HAHAHAHAHAHAHA… Duh, ampun , Dev, habis lucu banget sih….. !

(mengenang juga jurnal, Tugas Pendahuluan, tes awal, lap kain, keminum NaOH, dan YMan waktu praktikum… heehhehe)

Di PRAKTIKUM FISIKA, saya pernah sekelompok sama Timor, Ayam, Hardy, Yohanes, Galih,Rio, Zaky, Puger, Esqi, dan Ashlih.

Waktu semester 2, saya ngga sekelompok sama Yohanes (huh,, bagus deh.. hehe)..

Di praktikum fisika, kelompok besar itu dibagi menjadi kelompok kecil- kecil, saya seringnya sekelompok sama Rio, Galih, Esqi, Zaky..

Di semester 1, setelah pengambilan data selesai, kita semua bikin laporan. Yang jadi korban buat ngeliat keadaan awal dan akhir biasanya Esqi.. wahahaha.. Recok bangetlah itu kalo udah ngerjain laporan.. Pinjem penggaris sana sini, ejek2an, main2, oper2an kalkulator, nyanyi2 lagu yang norak2 dll… Sedihnya, saya jadi sering jadi korban kejailan anak- anak di kelompok saya (ngga semuanya sih).. hwaaa,,, tetapi sebenarnya itulah yang membuat praktikum jadi menyenangkan.. hehehehe…

Di semester 2, Yohanes diganti ama Ashlih.. Bagus deh, berkurang satu perecok..hehe, ampun! Tapi tetep aja ya namanya kelompok recok ya tetep aja recok.. heheheheh.. Sampe heboh diliatin kelompok lain.. bener2 keketawaan terus.. apalagi waktu percobaan resonansi.. rebut deh..

Yang terakhir adalah praktikum tentang osiloskop. Waktu itu saya sekelompok kecil dengan Galih dan Esqi.. Kita bener2 ngga ngerti osiloskop sebenarnya… mana ada tes akhirnya lagi.. ada- ada aja.. Trus waktu nulis polling yang kakak yang ter- ter itu, saya pun bekerjasama dengan Galih.. Kita nulisnya yang terbaik, terfavorit, yang baik2lah pokoknya, itu yang asprak modul osiloskop, hihihi (penjilat abis)..

Terbaik : asprak modul 1

Terfavorit : pastinya asprak modul 1 donk..

Hehehe.. habis gatau namanya sih.. Trus..

Ternyebelin : pastinya bukan asprak modul 1

Hahahahah… habis tu kami nulis NAMA dan NIM kami di kertas itu. Trus dikumpulin deh… hahaahahhaha…

Ayo praktikum lagiiii…. (yakiiin???)

>>>>>>more to come,,,,,,

2 comments

  1. wiih ktmu blogna juli.. mac ni, mampir blog gw jg dunk: wortpresz.wordpress.com *maksa* xp

    ahaha jd keinget masa2 yg melelahkan itu.. ih asprakna edan, baru tw ad yg nyuru poto ma gajah, haihh..

Leave a Reply

