SPMB asem manis duaributujuh… (yang sekarang jadi snmptndkkdlletc$%#)

Mengenang setahun lalu…..^_^

“Setiap orang punya pengalaman masing- masing waktu SPMB dan pengalaman itu unik.”

Hal itulah yang dikatakan salah satu kakak kelas saya.

Kenapa saat- saat SPMB itu spesial ? Pikiran saya baru terbuka ketika mendengar cerita teman- teman saya di angkatan 2005 yang sudah dapat pengumuman SPMB. Waktu itu saya masih kelas 2 SMA. Trus waktu kelas 3 SMA, saya dengar lagi dari teman-teman saya angkatan 2006.

Banyak kejadian- kejadian ajaib yang ngga terduga yang bisa diambil dari pengalaman- pengalaman itu. Too much miracle, kalo saya menyimpulkan dari cerita teman- teman saya itu.

Ada yang udah USM ga keterima, waktu SPMB keterima. Padahal tekanan yang dia alami lebih besar daripada yang belum ikut tes apa- apa semacam USM. Udah ada tekanan “ngga keterima” duluan. Seperti itulah…

Ada yang terlambat tes, tapi tetap keterima. Ada yang hari pertamanya hancur, tetapi hari keduanya “menyelamatkan” dia. Ada yang nembak 10 nomor, tapi dia lulus. Ada yang hopeless, dan akhirnya dia diyakinkan dengan “suara” yang dia dengar. Benar, dia pun lulus..

Yang bikin saya dikuatkan, ada yang ngga keterima, jadinya dia kuliah di tempat cadangannya. Dia terlihat begitu kuat. Waw.. saya cuma bisa bilang, emang rencana Tuhan buat setiap manusia itu berbeda. Rancangan Tuhan itu jauh di atas rancangan kita, manusia….

OK.. LET’S GET IT STARTED…

Setiap orang pasti ada perasaan takut ikut SPMB. Ikut tes SEMACAM ini.

Saya pun mengalami itu.

TAKUT.

“Takut apa Kak? Apa yang perlu ditakutkan?”

Kata- kata yang dilontarkan ibu saya cukup membuat saya terlontar.

Apa juga yang perlu ditakutkan?

Takut ga lulus?

Takut masuk pilihan 2?

Takut ngulang tahun depan?

Takut nge-blank waktu ngerjain soal?

Takut ga ke-scan?

Takut lupa materi?

Takut gara- gara ga ada cadangan sama sekali?

Takut sakit perut/ sakit kepala/ sakit mata/ sakit hati?

Takut salah menghitamkan bulatan?

Takut lembar jawaban ketumpahan kopi pengawas waktu distribusi ke pusat?

Takut kalau nanti waktu hari H nya saya jadi takut dan ketakutan itu begitu menguasai saya sampai saya takut untuk menjawab soal yang bikin takut ?

Banyak sih ketakutan saya. Ga cuma itu aja….

Kelas 2 akhir, saya mulai pusing mau ngebimbel di mana. Saya sempet ngambil formulir IZI dan mengisi itu, tapi ngga jadi.

Singkat cerita, akhirnya saya bimbel mulai kelas 3 awal di Sony Sugema College Bandung.

Ada beberapa Cihuyerz yang sekelas dan se-shift dengan saya waktu itu, yaitu Esther, Leni, Dajo, Yos, dan Boy.

Tiap istirahat, saya, Esther, Leni, dan Dajo suka “ngadem” di kelasnya Yos dan Boy (soalnya ada AC nya sih.. hehehehe), kalo ngga, nonton wisata kuliner (yummy……), ngenet, ataw mampir ke McD Simpang. Hahaha…. How cool…

Waktu TO (try out) pertama, pilihan pertama saya adalah STEI ITB dan yang kedua Teknik Fisika ITB, dan saya lulus di Teknik Fisika ITB (…………….krik……).

Gapapa..

Masih ada banyak kesempatan.. T_T

Inget juga, waktu itu saya suka patinggi-tinggian nilai sama si Dajo.. Hwehwe.. Jadi gini, kalo saya menang tapi ga peringkat 1 atau 2, saya traktir dia makanan kecil, begitu juga sebaliknya, tapi kalo salah satu di antara kami ada yang peringkat 1 atau 2, yang lain trakti makanan berat gitu… Itu cuma buat motivasi aja.. Bukan karena kita pengen makanan atau ga da duit buat beli makanan.. yeee…

Tapi..

Saya ga pernah ditraktir makanan berat sama dia, begitu juga dia.. :I

Hahahahahaha….. (CN: kalau berharap, JANGAN TAKUT untuk berharap yang besar dan tinggi!) CN = Catatan Nyelip

Boleh dibilang, kalo ngga salah, saya sama dia impas ! (iya, ngga c jo?)

Kalo diperkirakan selama satu tahun di kelas 3, seperti inilah keadaan saya…

GRAFIK TINGKAT KEWASPADAAN DAN KETAKUTAN JULIANA A.K. MENGHADAPI SPMB

Kalo dijelaskan pake kata- kata, susah…….

Drawing speaks louder than words.

Ya gitu deh, awal2nya takut… eh kesini- kesini makin nyantai aja… Menjelang mei juni… BEUHHHHHH… makin KETAR KETIR GEMETAR…

Sebenarnya ada berbagai jenis faktor kenapa saya jadi nyantai pas tahun baru ke sana, yahh beberapa teman saya tahu… Ada hal yang “mengalihkan perhatian”.. Hehe, biasalah anak muda! <3..XD.. Tetapi sebenarnya itu ngga banget, lalu saya mulai fokus ke pelajaran lagi…

Pilihan saya pun mantap di STEI ITB dan FTSL ITB. Kenapa jadi FTSL? Ternyata saya agak menyukai Fisika Mekanika ($%#^%$) dan yang paling mendekati ke sana pan Teknik Sipil. Untuk STEI, sebenarnya saya kurang yakin bener- bener suka itu, tetapi entah kenapa saya SELALU digerakkan untuk menulis pilihan pertama itu STEI. Hhhh..

Ajaibnya, saya ga kepikiran sama sekali buat ngambil cadangan. Kalo mo ikut USM juga gimana, ahahaha, dana.. dana.. Sampai sekarang, saya juga ga habis pikir. But, God has made it so wonderful.. Kalo ketakutan itu muncul, selalu ada pikiran optimis di kepala saya kalau saya bakal lulus tahun 2007 dan masuk STEI. Kalo ketemu temen saya yang udah keterima di STEI lewat USM, saya suka bilang, sampai ketemu di STEI. Bener- bener bukan saya itu.. Tuhan membuat saya begitu optimis dan saya pun ngga takut lagi. Finally, I know that’s FAITH ! Faith defeats fear…

Masa- masa daftar ulang pun tiba. Saya pun membeli formulir SPMB IPA. Trus daftar di SABUGA ITB.. Eh kok trus tembusnya ke Perpus ITB? (HEHE, baru tahu waktu itu lho…).

Masa- masa intensif. Dateng setiap hari sebulan sebelum SPMB dan sempet kena kejadian layangan ceria (lihat postingan sebelumnya)..

Menurut kesaksian kakak-kakak kelas saya yang ikut SPMB, kebanyakan dari mereka susah tidur waktu H-1 SPMB. Dan untungnya itu tidak terjadi pada saya, hehehehe (tenang apa kebo ya?)

Setelah tahu lokasinya, saya langsung survey ke sana barengan bokap tercinta. Saya pergi ke SMK Merdeka di Jalan Pahlawan Bandung. Wuidih, jauh juga… (kayanya emang rumah saya jauh dari mana- mana, kecuali dari pasar depan rumah saya… T.T)

Begitu saya no’ong ke kelas tempat saya tes, hahaha, mejanya kayak meja Mr.Bean ujian. Pada tahu kan episode Mr.Bean yang lagi ujian? Yang semeja berdua itu lho, tapi mejanya panjang. Begitu juga di di situ. Jarak saya dengan orang yang sebangku saya lebih jauh daripada jarak saya dengan orang lain yang beda meja.. hehehe

Persiapan saya cukup harot (heboh gitu deh). Waktu hari H nya saya bawa pensil 7 batang, peraut pensil yang gede dan diputer- puter, dan alas berupa kaca bening yang bawahnya digambar-gambarin (serius!)

Saya tiba di lokasi SPMB 1 jam sebelum tes mulai. Sambil baca- baca biologi, saya ngedengerin lagu rohani di USB MP3, sambil ngeliatin orang yang datang. Trus saya nyobain WCnya.. *&^%%^#$^#@%

Tes pun mulai. Hari itu cerah, 4 Juli 2007. Hari ini tesnya matematika dasar, bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Setelah soal dibagikan dan berdoa, saya pun mulai mengerjakan soal. Saya masih sehat. Baik- baik saja. Ketakutan saya ngga ada yang terjadi. Puji Tuhan, saya bisa mengerjakan dengan tenang dan jernih. Yang paling mengkhawatirkan mungkin saat itu adalah Bahasa Inggrisnya. Wuidih.. susah kalau menurut saya.. Gatau, banyak yang salah kaprah.. alhasil, jadi agak-agak nembak gitu..

Pulang ke rumah, di angkot, saya ketemu temen SD saya. Dia juga habis SPMB. Yahh, kita cerita2 gitu, dan jadi nyocokin jawaban dikit2. Padahal, kalau menurut saran guru saya, habis SPMB hari pertama, mending siap2 buat hari kedua, jangan mikirin, apalagi nyocokin jawaban gitu, ntar jadi drop.. Tapi da gimana.. apa daya.. guemessss…

Malam itu saya belajar seadanya. Yakin aja dengan persiapan saya selama ini. Tetapi bukan itu aja, saya belajar untuk ngga mengandalkan kekuatan sendiri. ORA ET LABORA.. (berdoa dan bekerja)

Hari kedua, 5 Juli 2007, satu jam sebelum tes, saya ngobrolin biologi sama Karin (yang sekarang udah di EL ITB 07) sambil menggila karena deg-degan. Tes hari ini itu matematika ipa, fisika, kimia, biologi, dan ipa terpadu.

Di sinilah terjadi keajaiban- keajaiban. Hahahaha…

Di soal biologi, ditanyakan binatang apa yang paling dekat kekerabatannya dengan manusia.. Pilihannya ada orang utan, simpanse, monyet, lutung, trus lupa lagi gatau apalah. Saya mikir, wahh.. cuco juga ni soal..

Saya ngga tahu jawabannya..

Tiba- tiba di pikiran saya terlintas ingatan tentang film yang pernah saya tonton. Kayaknya MVP gitu, yang ada persahabatan manusia dengan simpanse.

Yup, simpanse… Saya pun memberanikan diri menjawabnya…

Bukan kebetulan waktu itu saya nonton MVP..

Dan kenapa yang terlintas di pikiran saya tentang film itu…? Padahal itu ngga membuktikan kekerabatan manusia- simpanse paling dekat. Temen saya malah ada yang mikir orangutan karena ada kata “orang” nya.. hihihi..

Di soal kimia, ada soal tentang unsur dan sistem periodik. Soal ini berupa piliha ganda bertingkat, jadi pilihannya 1,2,3, dan 4 gitu.. Ya soalnya model gitulah.. Trus saya cek, nomor 1,2, dan 3 ternyata benar. Tinggal nomor 4. Disitu dibilang : Unsur X termasuk golongan 8.

Nah..

Golongan di kimia tu pake angka romawi kan? Tapi emang unsur X tu golongan VIIIA, emang golongan 8 gitu, cara nulisnya aja salah… Duh jawab A apa E ya? Kalau saya jawab A, saya cuma setuju pernyataan 1,2, dan 3 aja yang benar, kalo saya pilih E, saya setuju semuanya benar.

Saya pun menghitamkan bulatan yang berisi huruf E.

Di soal lain, nanyain jumlah isomer, saya udah ketemu 4 isomer. Lalu setelah selesai semua, saya mengecek jawaban-jawaban. Pas waktu saya lagi ngecek isomer, pengawas tiba-tiba bilang sesuatu dan jantung saya gegedebugan ga karuan (lebai eh…)

“WAKTUNYA DUA MENIT LAGI…..”

Beuhhh… Saya langsung panik.. dan eh… KETEMU SATU ISOMER LAGI.. Tangan saya udah kayak apa aja tu megang penghapus. Dengan kebat-kebit, saya menghapus jawaban saya yang lama dan menggantinya dengan opsi isomer 5 buah. Sipp.. selesai..

Phewhh…

Tiga- tiganya bener.

Owww. THX GOD,,,,,

Setelah tes SPMB selesai, saya merasa ga percaya saya habis SPMB.. HWAHHHHH…

Saya nyocokin jawaban sama temen saya. Yang bikin saya kaget, temen saya dapet 6 isomer untuk soal isomer.. Langsung deh turun mesin,, Yahh, kalo tadi ngga dua menit, gitu pikir saya. Kemungkinannya, dia benar saya salah, atau atau dia ada isomer yang sama dihitung 2 kali. Yang saya pikirin pertama, saya yang salah.

Waktu di jalan pulang, saya seangkot dengan dua orang anak korban SPMB yang lagi ngedenger Ardan siaran. Mereka bersiap2 dengan headset, pensil, dan soal. Yahh, saya mah nguping- nguping aja. Yang di sebelah saya tu megang soal dan mencontreng jawaban yang bener. Ternyata untuk soal yang tadi, jawaban E benar.. J

Dan..

Untuk soal isomer, jawabannya 5 isomer..

Langsung naik mesin deh saya… Hahahahaha…

Setelah pulang dan ngecek jawaban lewat radio yang lagi siaran jawaban SPMB (ada suara Pak AB), jawaban simpanse bener.

Sebenarnya banyak kejadian unik, tapi saya ngga inget semua. Heheh

Setelah nyocokin jawaban, tau nilai prediksi, tanya- tanya orang, promnite, mimpiin STEI, jalan- jalan, pelayanan, ulang tahun, dsbdkk, sebulan pun berlalu.

Saya minta sama Tuhan, kado ulang tahun saya yaitu LULUS SPMB.. Itu udah lebih dari cukup..

Tanggal 2 Agustus 2007 pagi, ada PD SPMB buat Cihuyerz. Disitu kita masing- masing cerita apa apa aja yang kita alami selama ini dan tentang SPMB tentunya.

Hari itu adalah pengumuman hasil SPMB serentak di seluruh Indonesia. Mulai ada di internet pukul 20.00 tepat.

Waktu itu Bang Yudy nawarin ke kita untuk nitip lihat hasil SPMB ke dia. Saya dan teman-teman ngasih nomor peserta SPMB ke dia. Setelah ngumpul-ngumpul dan kongkow2 ga jelas sampe jam 6, kita pun ke McD BIP yang ada hotspotnya buat ngeliat dari laptopnya Bang Yudy kalo2 udah ada hasil di situs itb.ac.id.

Ternyata belum ada..

Wah, pokoknya hari itu ga karuan bangetlah.. Ga jelas… GJGJGJGJGJGJGJGJ…

Akhirnya, berhubung rumah jauh, saya pun pulang ke rumah.. Ntar lah liat di warnet aja.. Di angkot, saya pun ngobrol2 banyak sama Dajo.. hwaaa,,, ga karuan banget… babibubebo..

Jam 8an saya ke warnet sama si papa. Warnetnya penuh, saudara- saudara! Kami pun memutuskan untuk menunggu. Jam 8.20, baru ada yang kosong.. Padahal mungkin waktu itu, udah ada teriakan2 di seantero Indonesia… hahahaha…

Setelah di warnet, saya memegang mouse… Tiba- tiba HP saya bunyi…

yozz calling… PIK !

(kira- kira seperti inilah percakapan..)

Juli (J) : Halo…

Yos (Y) : Halo.. Ni gw udah liat punya lo.. Jul,,

J : Ah, Yos, baleglah Yos, udah deg2an banget ni, yos, plis yos, duh, yos,

cepet2 , gmana2? (ga jelas banget deh)

Y : Juliii….

J : Apa?

Y : Selamat..

J : euwww..

Y : Anda…..

J : hhhh…

Y : diterima.. di.. Sekolah.. Teknik.. Elektro.. dan.. Informatika..

Puji Tuhan.. Praise The Lord !

J : Aaaaa.. owwww…hhhh.. duh puji Tuhan banget…..wwwoooo…hhhhh

(udah mau nangis.. bokap gw udah senyum2 ketawa2) hhh..

Y : hehe..

(setelah nanya beberapa teman…)

J : Hhhh… Lu gimana yos?

Y : Belom jul… ok selamat ya..

J : Ok deh.. makasih ya yossss…

Y : Ok.. Daggg

J : Daggg..

Saya langsung nangis sejadi-jadinya dan terharu, rasanya plong banget. Ga habis2nya mulut saya mengucapkan syukur. Trus si papa nelpon si mama dan bilang saya keterima pilihan 1… Saya nangis sampe ditegur si papa soalnya ketauan banget saya nangis kenceng di warnet, hahahaha…..XO

Lalu saya membuka situs itb.ac.id, dan benar seperti kata Yos. Lalu saya membuka situs resmi SPMB dan….

Wew.. langsung saya save page…

Pulang ke rumah, langsung saya ngomong semua.. dan yahh, happy semua…

Pulsa saya langsung habis banyak waktu itu gara- gara kontakan sama temen2.. hehehe.. what a nice night… !

Saya dikasih kado sesuai yang saya harapkan….

Masa- masa itu adalah masa- masa banyak berdoa dan berserah sepenuhnya sama Tuhan dan percaya bahwa segala sesuatu yang Dia rencanakan mendatangkan kebaikan. Sip, numpang lewat : “Thanx God ! Love U always…”

>>>> more to come ,,,,,,,,,

Advertisements

3 comments

  1. smakin g jelas aja crita2 di blog lw..
    pake bikin grafik garing gitu sgala..
    ckckck..
    tapi salut buat perjuangan lw jul..
    congrats!! (telat banget ya..huehuehue..)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s